Kamis, 03 November 2016

Pengertian dan Skema jaringan

PENGERTIAN DAN SKEMA JARINGAN


   1. Dial up


Dial-up adalah jenis koneksi antar komputer dengan memanfaatkan saluran telepon sebagai media komunikasinya. Dial-up sendiri menghubungkan komputer ke saluran internet dengan menggunakan saluran telepon dan mefungsikan telepon tersebut sebagai modem, sehingga telepon yang digunakan sebagai dial-up harus mendukung untuk dapat mengakses internet. Modem sendiri berfungsi sebagai perangkat keras yang dapat merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau pun sebaliknya



   2. Leased line


Leased line adalah saluran koneksi telepon permanen antara dua titik yang disediakan oleh perusahaan telekomunikasi publik. Umumnya, leased line digunakan ketika terdapat kebutuhan komunikasi data jarak jauh yang harus dilakukan secara terus-menerus.


  3. ADSL


Asymmetric digital subscriber line (disingkat ADSL) adalah salah satu bentuk dari teknologi digital subscriber line. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, sehingga data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain.


 4. VSAT


VSAT (dalam Bahasa Inggris, merupakan singkatan dari Very Small Aperture Terminal) adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit.

 5. PLC


PLC merupakan kepanjangan dari Power Line Communications, teknologi yang menggunakan koneksi line kabel listrik yang dapat digunakan pada jaringan listrik yang telah ada untuk memberikan pasokan energi listrik, dan di saat yang bersamaan juga dapat digunakan untuk mentransfer data dan transmisi suara. Kecepatan maksimal yang bisa diraih menggunakan teknologi ini kurang lebih mendekati kecepatan koneksi transmisi data menggunakan fiber optic, mulai dari 256 Kbit/s sampai 45 Mbit/s.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar